Selasa, 25 September 2012

What's Wrong??


Berbicara tentang interaksi manusia dan komputer, apa yang Anda pikirkan?
Kali ini saya akan mengulas interaksi manusia dan komputer sebuah website yaitu www.posindonesia.co.id. Apa yang salah dari website ini?
1.      Pada saat masuk ke beranda website, sekilas mungkin Anda akan merasa tidak ada yang salah. Namun, jika diperhatikan dengan seksama ternyata website ini tidak up to date. Mengapa? Pada bagian kanan atas terdapat link download annual report Pos Indonesia, tetapi yang ditampilkan hanya tahun 2009 dan 2010. Bagaimana dengan tahun-tahun berikutnya?

2.      Pada saat mencari atau melihat data kode pos di Indonesia, apa yang kurang menarik? Pertama, isi dari halaman ini terlalu sedikit bagaikan website dalam proses pengerjaan. Kedua, background halaman hanya putih polos yang akan membuat pembaca jenuh dan berpikiran “website ini tidak menarik”.

3.      Pada halaman unit layanan pos informasi yang ditampilkan lebih banyak tapi masih adakah yang kurang menarik?

Pada button “cari” dan table hasil pencarian terdapat symbol “*”, menurut saya ini tidak diperlukan karena tanpa symbol tersebut pembaca juga akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan untuk mendapatkan informasi. Tetapi, dengan adanya symbol tersebut pembaca akan bingung dan berpikir “ini maksudnya apa?”.

4.      Pada menu Tarif Kiriman Domestik, tampilannya sangat monoton, tidak ada logo pos Indonesia, tidak ada background, yang ada hanya field untuk menentukan tarif kiriman.

Setelah input berat kiriman, tujuan, dan klik “Tampilkan Tarif” maka akan muncul seperti ini

Font dari tabel hasil pehitungan lebih besar dari font field isian tarif kiriman serta tata letak tabel hasil perhitungan  terkesan berantakan.

1 komentar:

  1. emh... understanding HCI is more complicated than understanding an mathematic formula... has decide the result and have an certain value.. :D but, if we not try, when we will understand it.. so i'll try.. :D

    emh...
    1. i agree with you.. we wanna get is the most up to date information... but if only provided the last year, must we search it manually??? what the function of that shortcut then??

    2. emh, i agree with you again, but only a half.. :) page with many animation and combination of color that not too useful is only disturb our sight.. :D but if it's too simple, it is not good either.. :D

    3 and the last ... emh, using a simbol that has no function is only make us confuse... so better to remove it... :D

    ---
    that's all... :D

    http://my13dream.blogspot.com

    BalasHapus